Jumat, 09 November 2007

Seputar desain

Desain merupakan cabang dari seni rupa, seni rupa terapan. Ada istilah seni rupa murni dan sinirupa terapan, yang membedakan adalah: kalau seni rupa murni hanya menonjolkan aspek indah dan baik. Indah/bagus(estetis), secara kasat mata menarik untuk dilihat, komposisinya harminis dll. baik(etis) tidak bertentangan dengan norma2 yang berlaku di masyarakat. Biasanya seniman seni rupa murni ketika berkarya tidak memikirkan (gak ambil pusing) setelah karyanya jadi nanti apakah orang lain nanti tertarik atau tidak, yang penting dia sudah menuangkan ide imajinasi yang ada dalam pikirannya. Sedangkan seni rupa terapan selain memenuhi kedua aspek tersebut juga harus fungsional (aplikatif), bisa berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya. Sebagai contoh pembuatan sebuah spanduk selain bagus indah menarik untuk dilihat juga harus bisa menyampaikan informasi yang diinginkan.

Sehingga desain dapat diartikan sebagai hasil rancangan atau proses rancangan unsur2 seni rupa dengan memadukan aspek teknologi, ilmu pengetahuan/informasi, berdasarkan prinsip dan azas seni rupa untuk menghasilkan komposisi yang indah, serta aplikatif dan fungsional.
Seni rupa:
+Seni rupa murni
-->Seni lukis
-->Seni patung
-->Seni ukir
-->Seni batik dll.
+Seni rupa terapan
-->Desain interior/eksterior
-->Desain produk
-->Desain komunikasi visual / grafis
-->Desain tekstil dll.

Kata indah atau bagus dalam desain itu relatif, tergantung juga pada aspek budaya dan masyarakat. Sebagai contoh perpaduan warna, warna2 cerah adalah yang ngetren saat ini dikalangan kita orang Indonesia, sedangkan perpaduan warna suram, seperti hijau tua dan merah gelap, adalah warna yang norak, warna yang “ndesoni”. Tetapi sebaliknya kalau didaerah seperti afrika apakah juga sama seperti kita? belum tentu, bahkan malah warna hijau tua dan merah gelap disana merupakan warna faforit, sebagainama terlihat pada warna2 bendera kebanyakan negara yang ada disana.

Dengan kata lain dalam desain juga dipengaruhi oleh; bentuk visual sebagai penyusun sebuah karya desain yang memiliki spesifikasi kataristik dan aspek psikologis tertentu yang timbul akibat beberapa faktor seperti:
-pengalaman masa lalu
-pendidikan
-insting
-budaya/norma
yang selanjutnya dikenal sebagai unsur estetik dalam desain...

Tidak ada komentar: